One Stop Multimedia on CentOS 5

6 Jul 2009

Assalamu’alaikum temen2 kali gw mo berbagi ilmu yang gw dapet tentang membuat one stop multimedia di distro centos.

Mungkin kita sering bertanya bisa ga sih di linux khususnya distro turunan redhat perti centos, fedora dll kita dengerin musik dan muter video ? mengapa pertanyaan diatas sering terungkap ? menurut gw sih hal itu wajar karena kita kebanyakan adalah orang orang yang baru beralih dari windows yang begitu mudah untuk digunakan ke linux yang membutuhkan sedikit pikiran untuk menggunakannya. tetapi sebenernya kalo kita mo nyoba untuk mengutak atik linux sedikit aja pasti kita juga bisa kok mendapatkan fitur fitur yang pernah kita dapetin di windows seperti fitur untuk dengerin musik dan muter video. Oke, daripada gw kebanyakan ngemeng ga jelas mending kita coba untuk membuat distro centos kita sebagai one stop multimedia.

Langkah awal adalah kita harus menginstall paket rpmforge terlebih dahulu. Apa itu rpmforge ? rpmforge adalah kolaborasi dari dag, dries dan paket2 lainnya kolaborasi dari paket paket tersebut menghasilkan lebih dari 4000 paket untuk centos termasuk paket paket multimedia seperti xmms-mp3, mplayer, vlc, dan paket paket multimedia populer lainnya. berikut langkah instalasinya :

1. Download rpmforge dari link berikut :
http://dag.wieers.com/rpm/packages/rpmforge-release/ , kemudian pada
situs tersebut cari paket rpm forge yang bernama : rpmforge-
release-0.3.6-1.el5.rf.i386.rpm ( untuk centos versi 5).

2. Kemudian download paket tersebut ke folder /home/nama_user

3. Setelah paket berhasil didownload install paket tersebut dengan
perintah :
# rpm -ivh /home/nama_user/rpmforge-release-0.3.6-1.el5.rf.i386.rpm

4. Setelah paket berhasil diinstall kita import gpg keys dengan
mengetikkan perintah:
# rpm –import http://dag.wieers.com/rpm/packages/RPM-GPG-KEY.dag.txt

5. Instal yum priorities yang tersedia pada repositori centos versi 5
dengan cara :
# yum install yum-priorities

6. Cek kembali repositori kita dengan cara :
# yum check-update
pastikan di outputnya ada tulisan rpmforge, contoh outputnya adalah :

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Loading “priorities” plugin
Loading “fastestmirror” plugin
Loading mirror speeds from cached hostfile
* epel: ftp.jaist.ac.jp
* rpmforge: fr2.rpmfind.net
* base: kambing.ui.edu
* updates: kambing.ui.edu
* addons: kambing.ui.edu
* extras: kambing.ui.edu
0 packages excluded due to repository priority protections
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

7. Setelah kita mendapatkan paket rpmforge pada komputer kita maka
kita tinggal menginstall paket paket multimedia dengan cara :
# yum install vlc mplayer xmms-mp3 xmms-skin xmms-wma

8. Kalo cara no 7 kagak berhasil itu sih derita lo hehehehe ( becanda
ding ! ), klo emang g berhasil install paket tsb satu satu, contohnya
untuk vlc :
# yum install vlc
nah gitu juga dengan paket2 yang laen gunain aja perintah yang sama
cuma ganti vlc dengan nama paket yang pengen diinstall.

Cara diatas dah gw coba n berhasil, bagi temen2 yang nyoba trus gagal buru2 dah kasih tau gw atw kirim reply atau comment ke gw n kasih tau juga lo gagal dimana.

NB : cara diatas hanya bisa dilakukan jika kita terhubung ke internet klo ga terhubung ke internet jangan coba2 untuk nyoba cara diatas insya Allah lo bakalan gagal.

Kebenaran hanya Milik ALLAH SWT.

Wassalamu’alaikum.


TAGS


-

Author

Follow Me